Pusat Informasi Kopertais Wilayah XI Kalimantan
Home / Informasi / Memetakan Masalah Pendidikan Agama di Kalimantan

Memetakan Masalah Pendidikan Agama di Kalimantan

Tumbuhnya kuantitas lembaga pendidikan agama Islam tampaknya tidak hanya membawa angin segar bagi perkembangan pendidikan agama Islam di Kalimantan, namun justru masih menyimpan ironi. Ironi terlihat dari masih relatif banyak lembaga pendidikan Islam yang masih harus berjuang untuk membenahi permasalahan-permasalahan internal maupun eksternal mereka.

Hal itu terungkap dalam Seminar Peta Masalah Pendidikan Agama yang diadakan oleh KOPERTAIS XI Wilayah Kalimantan (21-22/5/2012). Bertempat di Aula Bupati Sambas, Kalbar, acara ini jadi wahana tukar pikiran antar stakeholders dan pihak-pihak terkait untuk mencari jalan keluar terbaik dari permasalahan pendidikan Agama di Kalimantan.

Koordinator KOPERTAIS XI, Prof. Dr. H. Akh. Fauzi Aseri, MA menyampaikan bahwa setidaknya masih ada 11 isu pendidikan Islam kontemporer yang terjadi tidak hanya di Kalimantan, namun juga di berbagai belahan dunia.  Isu-isu itu mencakup (1) tarik-menarik antar negara dan pasar, (2) pencitraan, (3) visi dan misi (4) stabilitas dana penyelenggaraan, (5) leadership, (6) kualifikasi tenaga pengajar, (7) efektivitas Komite/Dewan, (8) menghadapi diversitas wali/orang tua peserta didik, (9) kurikulum, (10) road map, dan (11) membangun networking dan partnership.

“Isu-isu di atas, menandakan bahwa nasib pendidikan Islam masih di persimpangan jalan. Menghadapi beberapa tantangan di atas, diperlukan kajian strategis yang melibatkan seluruh pihak terkait, baik pemerintah, pengelola lembaga pendidikan, keluarga, dan unsur civil society lainnya.” ujarnya mengakhiri. (mhm)

Check Also

PENERIMAAN CPNS TAHUN 2017

Berdasarkan PERMENPANRB NOMOR : 20 TAHUN 2017 tentang Kreiteria Penetapan Kebutuhan Pegawai Negeri Sipil dan …

error: KONTEN INI DILINDUNGI UU....JANGAN DICOPY!!!!